Saprahan.jpg
Lunggi.jpg
Berani Menyapa.jpg
siwas.png
previous arrow
next arrow
PlayPause

Prosedur Pengajuan Perkara Perdata

  1. Penggugat/pemohon atau kuasa hukumnya memasukkan dokumen berupa surat gugatan/permohonan kepada petugas di kepaniteraan perdata. Jumlah salinan surat gugatan/permohonan sebanyak jumlah pihak ditambah dengan 4 (empat) salinan untuk majelis hakim dan arsip. Jika penggugat/pemohon menguasakan kepada kuasa hukum, Surat Kuasa Khusus kepada kuasa hukum dan fotokopi kartu advokat kuasa hukum juga harus dilampirkan. Salinan dokumen yang dibuat di luar negeri harus disahkan oleh Kedutaan/Perwakilan Indonesia di negara tersebut. Salinan dokumen yang dibuat dalam bahasa asing harus diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia oleh penerjemah yang disumpah.
  2. Dokumen kemudian diperiksa kelengkapannya oleh petugas di kepaniteraan perdata. Sekiranya dokumen dinyatakan belum lengkap maka dokumen akan dikembalikan untuk dilengkapi.
  3. Jika dokumen dinyatakan lengkap maka petugas di kepaniteraan perdata akan menghitung besaran panjar biaya perkara yang harus disetorkan oleh penggugat/pemohon atau kuasa hukumnya ke rekening biaya perkara pada bank yang ditunjuk.
  4. Setelah menyetorkan panjar biaya perkara pada bank yang ditunjuk, penggugat/pemohon atau kuasa hukumnya menyerahkan bukti penyetoran panjar biaya perkara kepada petugas di kepaniteraan perdata. Petugas kemudian membukukan panjar biaya perkara ke dalam buku keuangan perkara dan mendaftarkan perkara pada register induk perkara.
  5. Penggugat/pemohon atau kuasa hukumnya beberapa hari kemudian akan menerima surat panggilan untuk menghadiri sidang pada hari dan tanggal yang telah ditetapkan. Bagi pihak tergugat, surat panggilan disertai dengan salinan surat gugatan.

Related Articles

Inovasi Kami
saprahan, sistem validasi pra registrasi permohonan lunggi, layanan surat penahanan, penggeledahan, penyitaan ecomas, electronic connect humas datlap, data dan laporan
eska, elektronik surat keputusan sepekan, sistem efisiensi pengelolaan kantor evalid, etalase inovasi layanan internal terpadu lapis, layanan pusat informasi
almari, aplikasi lemari arsip digital sijampang, sistem jadwal dan monitoring persidangan simadu, sistem informasi terpadu

Dokumentasi Kegiatan Kami
  • Up Next Profil Pengadilan Negeri Sambas
  • Up Next Profil PTSP Pengadilan Negeri Sambas
  • Up Next Yuk Kenalan sama Saprahan
  • Up Next Mengenal SIMARA
  • Up Next Mengenal SIMADU
  • Up Next Mengenal e-SKA
  • Up Next Khitanan Massal untuk masyarakat
  • Up Next Penandatangan Mou PN Sambas dengan Kejari Sambas dan Cabjari Sambas...
  • Up Next Memperingati HUT Mahkamah Agung RI ke - 76
  • Up Next Public Campaign Zona Integritas dan Anti Korupsi
  • Up Next Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK & WBBM
  • Up Next Public Campaign Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM
  • Up Next Pembangunan Zona Integritas
  • Up Next Pencanangan Zona Integritas
Mahkamah Agung

Lintas Instansi

Peta Lokasi